Beranda » Wisata » Sensasi Tempat Wisata Di Wonosobo Layak Dikunjungi

Ketika mendengar kata Wisata Dieng mungkin langsung terlintas dibenak bahwasannya Wisata Dieng merupakan salah satu tempat wisata di Wonosobo. Wajar saja karena memang Wisata Dieng ini memang sudah mendunia karena pesona alamnya yang memikat bagi siapa saja yang pernah mengunjunginya.

Tentu saja dengan tingkat kepopulerannya yang sudah dikenal ke seluruh dunia, menjadikan kota kecil yang berada di Jawa Tengah ini semakin dilirik jutaan pengunjung. Dimana memang kota Wonosobo sendiri berada di area pegunungan seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Kulon serta Gunung Perahu.

Karena lokasinya yang masih di area ruang hijau alami, sehingga wisata yang disuguhkan di kota ini didominasi oleh wisata alam nan asri. Dan berikut ini merupakan beberapa tempat wisata di Wonosobo yang harus anda kunjungi.

Tempat Wisata Di Wonosobo

1. Talaga Warna

Berada di kawasan Wisata Dieng, telaga ini dinamakan Telaga Warna karena memiliki keunikan yang tidak dimiliki telaga lain pada umumnya. Yaitu air didalam Telaga Warna ini selalu berganti warna seperti berwarna hijau, kuning, dan warna-warna lainnya.

Hal tersebut sebenarnya karena didalam air telaga tersebut memiliki kandungan sulfur yang lumayan tinggi yang jika terkena paparan sinar matahari terjadilah fenomena alami pergantian warna air telaga tersebut. tempat wisata yang harus dikunjungi jika anda ingin menikmati sensasi fenomena alami yang lain daripada yang lain.

2. Kawasan Candi di Datararan Tinggi Dieng

Di namakan kawasan candi di Dataran Tinggi Dieng ini dikarenakan di area ini terdapat beberapa candi yang tersebar. Dimana menurut penelitian candi-candi di area ini hampir keseluruhannya mengadopsi candi-candi yang berada di India.

Seperti Candi Semar yang mengadopsi gaya arsitektur Candi Parasurameswara, Candi Arjuna yang menyerupai Candi Bhintargaon. Disamping 2 candi tersebut masih banyak candi-candi yang tersebar di area ini dengan nama-nama candi yang diambil dari para tokoh Mahabarata seperti Bima, Gatot Kaca, Srikandi dan candi-candi lainnya.

3. Bukit Sikunir

Bukit yang berada di ketinggian 2200 meter diatas permukaan laut ini masih berada di kawasan Wisata Dieng. Dimana dititik ini anda akan menikmati pesona matahari terbit yang sangat memukau dengan warnanya Oranye.

Baca   Indahnya Tempat Wisata di Ubud Yang Harus Dikunjungi

Warna tersebut akhirnya menjadi inspirasi penamaan dari Bukit Sikunir yang berarti Kunir atau Kunyit dalam bahasa Jawa yang memang berwarna oranye. Dengan pesona yang diberikan jika berada di Bukit Sikunir ini menjadikan banyak pengunjung yang memburu momen tersebut dengan mendirikan kemah di sekitar Bukit Sikunir ini.

4. Kawah Sikidang

Kawah yang masih dikawasan Wisata Dieng ini sering disebut juga sebagai Ring of Fire atau Cincin Api. Dimana kawah ini memiliki keunikan tersendiri dari kawahnya yang kerap kali meletup yang berbaur dengan kepulan asapnya.

Karena aktivitas kawahnya yang meletup-letup itu maka dinamakanlah kawah tersebut menjadi kawah si Kidang yang berarti Kijang. Karena seperti diketahui hewan yang satu ini gemar melompat-lompat.

5. Sumur Jatulanda

Sumur Jatulanda menurut penelitian merupakan sebuah kepundan yang terbentuk dari dampak fenomena alami letusan Gunung Api yang terjadi jutaan tahun yang lalu. Dimana warna Sumur Jatulanda ini sendiri berwarna hijau pekat. Dan tentu hal tersebut menjadi daya tarik untuk dikunjungi.

Baca   Keindahan Tempat Wisata di Padang Yang Harus Disaksikan

Namun ada daya tarik lain dari kawasan wisata Sumur Jatulanda ini yaitu terkait mitos dari terbentuknya Sumur Jatulanda ini yang berawal dari kisah jaman dahulu dimana ada seorang putri yang cantik namun berhati jahat yang selalu memakai pakaian putih.

Putri cantik tersebut selalu minta tumbal kepada masyarakat untuk di korbankan kedalam sumur ini. Dengan mitos ini warga setempat memanfaatkannya dengan menyediakan karung berisi kerikil dan menjualnya.

jika batu tersebut dilemparkan pada jarak tertentu lalu masuk ke dalam lubang Sumur Jatulanda tersebut maka permintaannya akan dikabulkan. Lokasi sumur ini sendiri berada di Desa Wisata Pekasiran. Untuk sampai ke tempat wisata di Wonosobo yang satu ini anda harus terlebih dahulu menapaki sebanyak 257 anak tangga.

Tags:

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda*Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.